Badan Perencanaan Pembangunan Daerah Kab. Pakpak BharatBAPPEDA
Memacu Pembangunan Infrastruktur dan Ekonomi Untuk Meningkatkan Daya Saing Daerah
Berita
Kamis, 15 September 2016

Rapat Laporan Akhir Studi Kelayakan Pengembangan Plmth dan Analisis Potensi Sumber Daya Lahan di Kabupaten Pakpak Bharat

Salak, 2 September 2016.

Sebagai lanjutan dari rapat laporan pendahuluan pada bulan Juni 2016 maka telah dilaksanakan Rapat Laporan Akhir Studi Kelayakan Pengembangan PLTMH (Pembangkit Listrik Tenaga Mikro Hidro) di Kabupaten Pakpak Bharat yang bertempat di Aula Rapat Bappeda Kabupaten Pakpak Bharat. Rapat laporan akhir ini dimaksudkan untuk mendengarkan paparan dari tim tenaga ahli sekaligus menjaring masukan-masukan dari stakeholders atau SKPD terkait dalam rangka penyempurnaan hasil kajian yang telah dilakukan oleh tim tenaga ahli dari akademisi Fakultas Teknik Universitas Sumatera Utara.

Tindak lanjut dari analisis ini nantinya diharapkan pengembangan PLTMH di Kabupaten Pakpak Bharat dapat diwujudkan untuk pemenuhan kebutuhan energi listrik khususnya di daerah perdesaan dengan memanfaatkan energi terbarukan setempat.

Rapat dihadiri oleh Bupati dan Wakil Bupati Pakpak Bharat beserta Kepala SKPD terkait. Dalam rapat tersebut Bupati Pakpak Bharat menyampaikan agar dianalisis potensi kapasitas listrik yang mampu diproduksi dari sumberdaya sungai/air yang ada di Kabupaten Pakpak Bharat.

Pada hari dan tempat yang sama telah dilaksanakan pula Rapat Laporan Akhir Analisis Potensi Sumber Daya Lahan di Kabupaten Pakpak Bharat dengan narasumber oleh tim tenaga ahli dari akademisi Fakultas Teknik Universitas Sumatera Utara.

Secara garis besar tujuan dari analisis potensi sumber daya lahan ini adalah untuk mendapatkan dan mengevaluasi karakteristik lahan, membuat peta kesesuaian, menyusun rancangan paket teknologi pengembangan pertanian yang ada di kabupaten pakpak bharat.

Dalam rapat tersebut Bupati Pakpak Bharat mengarahkan agar dibuat masukan terhadap kondisi lahan yang ada di Kabupaten Pakpak Bharat bagaimana penanganannya yang cocok diimbangi dengan teknologi yang tepat sesuai dengan kondisi masing-masing lahan.

Tindak lanjut dari analisis ini nantinya diharapkan dapat menjadi bahan masukan dalam pengembangan tanaman pangan, tanaman perkebunan dan industri, tanaman holtikultura, tanaman palawija dan peternakan sehingga dapat ditingkatkan dan berkesinambungan.


Copyright © 2020 Kabupaten Pakpak Bharat. All Right Reserved