Badan Perencanaan Pembangunan Daerah Kab. Pakpak BharatBAPPEDA
Memacu Pembangunan Infrastruktur dan Ekonomi Untuk Meningkatkan Daya Saing Daerah
Berita
Rabu, 29 Maret 2017

MUSRENBANG DI KECAMATAN PERGETTENG-GETTENG SENGKUT

Suasana dinamis dan interaktif tampak terjadi pada saat Musyawarah Perencanaan Pembangunan (Musrenbang) Kecamatan Pergetteng-getteng Sengkut, Kamis (09/02) di Aula Kantor Camat tersebut. “Memang seperti inilah tujuan dilaksanakannya Musrenbang, yaitu mendorong peran serta masyarakat dalam merancang dan memutuskan perencanaan pembangunan yang kita inginkan atau kita kenal dengan metode bottom-up”, sebut Kepala Bappeda, Jalan Berutu, SPd, MM, saat melakukan pemaparan program kegiatan 2017.

Kepala Bappeda juga mengingatkan persiapan matang dalam kegiatan Musrenbang ini karena forum ini merupakan wadah untuk menjaring usulan-usulan kegiatan prioritas dari masyarakat secara partisipatif, setelah beberapa hari sebelumnya dilakukan di Desa-desa. “Lengkapi semua unsur agar Musrenbang ini semakin berkualitas”, pesannya kepada seluruh peserta dan undangan, termasuk Wakil Ketua DPRD, Kadri Tumangger, anggota DPRD dari Dapil I, Sabar Manik, para pimpinan OPD, Camat PGGS, Hanafi Padang beserta jajarannya, pimpinan Muspika, Kepala Puskesmas, Koordinator PPL, para Kepala Desa, Sekretaris Desa dan Perangkat Desa, para ketua dan anggota BPD, pemuka masyarakat dan delegasi Desa, para Bidan, tenaga ahli dan pendamping Desa, serta undangan lainnya.

Senada dengan Ka. Bappeda, Wakil Ketua DPRD juga menyampaikan pentingnya partisipasi aktif masyarakat. “Masyarakatlah yang sebenarnya berperan besar di sini. Pemerintah dan DPRD hanya memfasilitasi saja”, ujar Kadri Tumangger sembari mengapresiasi beberapa usulan dari Desa yang tidak hanya mengedepankan urusan infrastruktur karena tampak beberapa usulan tentang penguatan dan peningkatan taraf ekonomi.

Acara juga berisi tentang materi pembahasan usulan prioritas Kecamatan dan Desa untuk program di tahun 2018, pembacaan hasil rumusan, penandatanganan berita acara dan penentuan delegasi untuk pelaksanaan Musrenbang tingkat Kabupaten. Hasil Musrenbang Kecamatan inilah yang nantinya akan disampaikan pada Musrenbang Kabupaten. (Sumber berita: Bagian Humas Setda Kab. Pakpak Bharat)
 


Copyright © 2020 Kabupaten Pakpak Bharat. All Right Reserved