Badan Perencanaan Pembangunan Daerah Kab. Pakpak BharatBAPPEDA
Memacu Pembangunan Infrastruktur dan Ekonomi Untuk Meningkatkan Daya Saing Daerah
Berita
Rabu, 29 Maret 2017

MUSRENBANG KECAMATAN STTU JULU

SEKDA: HARUS RESPONSIF TERHADAP PEMBANGUNAN

Kecamatan STTU (Sitellu Tali Urang) Julu merupakan Kecamatan ke-5 di Kabupaten Pakpak Bharat yang melaksanakan Musyawarah Perencanaan Pembangunan (Musrenbang) tahun 2017 untuk perencanaan program tahun 2018, yang pelaksanaannya mengambil tempat di Aula Kantor Camat STTU JUlu, Ulu Merah, Jumat (10/02).

Secara resmi Sekretaris Daerah Kabupaten Pakpak Bharat, Sahat Banurea, S.Sos, M.Si, membuka pelaksanaan Musrenbang atas nama Bupati Pakpak Bharat, Remigo Yolando Berutu, M.Fin, MBA, sembari mengingatkan tentang konsistensi terhadap hasil-hasil Musrenbang karena dalam perkembangan teknologi saat ini Musrenbang sudah terekam secara elektronik yang dalam bahasa kekinian dikenal dengan sebutan e-Planning.

“Artinya, tidak ada program atau kegiatan sisipan ditengah jalan. Apa yang direncanakan dan ditetapkan semenjak awal, itulah yang akan dilaksanakan pada akhirnya”, terang Sekda dihadapan perwakilan unsur masyarakat STTU Julu, antara lain para Kepala Desa, Sekretaris dan Perangkat Desa, para ketua dan anggota BPD, pemuka masyarakat dan delegasi Desa, para Bidan, tenaga ahli dan pendamping Desa, serta undangan lainnnya. Tampak hadir juga para pimpinan OPD, pimpinan Muspika, Kepala Puskesmas, Koordinator PPL, dan tuan rumah Camat, Elhidayat Berutu, SH, MAP beserta jajarannya.

Sekda juga meminta agar masyarakat responsif dalam menyikapi pembangunan. “Sebut saja ketika dibuat infrastruktur baru, maka manfaatkanlah sebaik-baiknya. Jangan pembangunan malah menghasilkan kesia-siaan, karena jika dikaji itu kembali ke tanggung jawab masyarakat semua sebagai yang mengusulkan dan merencanakan dan sesungguhnya pembangunan itu bersinergi serta berdampak pada peningkatan ekonomi karena merupakan multiplier effect”, jelas Sekda.

Kepada Camat, Sekda berpesan agar urusan Dana Desa (DD) dan Anggaran Dana Desa (ADD) dapat dibantu prosesnya dan pertanggungjawabannya. “Bekerja samalah seluruh pihak karena agar dihadirkan pembangunan yang berkualitas di Kabupaten ini”, tandasnya.

Senada dengan beliau, Ka. Bappeda, Jalan Berutu, S.Pd, MM, juga mengharapkan sinkronisasi yang solid antar pemangku kepentingan dengan masyarakat. “Pembangunan juga harus mengacu pada beberapa hal, antara lain Visi-Misi Kabupaten, Rencana Umum Tata Ruang dan Rencana Tata Ruang Wilayah. Pastinya juga perencanaan saat ini juga turut diaudit, tidak semata-mata pertanggung jawaban saja”, papar Ka. Bappeda.

Camat STTU Julu saat dikonfirmasi menyebutkan bahwa proses Musrenbang Kecamatan ini terlebih dahulu di mulai dari tingkat Dusun, terus ke Desa dan saat ini sedang berlangsung di Kecamatan. “Nantinya akan disambung pada tingkat Kabupaten di mana kami juga harus menyiapkan perwakilan dari Kecamatan ini”, ucapnya. Camat meminta partisipasi aktif seluruh elemen sehingga apa yang dihasilkan dalam Musrenbang ini akan membawa kemaslahatan bagi semua. (Sumber berita: Bagian Humas Setda Kab. Pakpak Bharat)


Copyright © 2020 Kabupaten Pakpak Bharat. All Right Reserved