Badan Perencanaan Pembangunan Daerah Kab. Pakpak BharatBAPPEDA
Memacu Pembangunan Infrastruktur dan Ekonomi Untuk Meningkatkan Daya Saing Daerah
Berita
Rabu, 29 Maret 2017

PAKPAK BHARAT BENTUK SATGAS SABER PUNGLI

Sesuai dengan ketentuan perundang-undangan, khususnya Peraturan Pemerintah no. 87 tahun 2016, Kabupaten Pakpak Bharat membentuk Satuan Tugas Sapu Bersih Pungutan Liar (Satgas Saber Pungli) di Ruang Rapat Nusantara, Kompleks Perkantoran Panorama Indah Sindeka, Salak, Senin pagi (23/01). Satgas ini melibatkan elemen Pemerintah Daerah, Kepolisian, Kejaksaan dan TNI.

Wakil Bupati Pakpak Bharat, Ir. H. Maju Ilyas Padang dalam arahannya yang dihadiri oleh Ketua DPRD, Sonni P. Berutu, STh, Sekda, Sahat Banurea, S.Sos, M.Si beserta para pimpinan SKPD dan para Kabag, Wakapolres Kompol Edward Saragih, Kasdim 0206/Dairi, Mayor Hasanuddin Batubara, Kasi Intel Kejari Dairi, Ferdiansyah, SH, MH, para serta jajaran dari Polres, Kodim dan Kejari, mengutarakan bahwa praktik pungutan liar telah merusak sendi kehidupan bermasyarakat, berbangsa dan bernegara. “Untuk itulah perlu upaya pemberantasan secara tegas, terpadu, efektif, efisien dan mampu menimbulkan efek jera. Untuk itulah negara telah menetapkan perlunya pembentukan satuan tugas pemberantasan pungli”, tegas Wakil Bupati.

Beliau juga meminta agar dilakukan secara optimal pemanfaatan personil, satuan kerja dan sarana/prasarana yang ada. “Hal tersebut yang menjadikan perlunya satgas ini. Semua juga harus terbuka dan transparan, apalagi hal pelayanan publik”, sambung Wakil Bupati.

Pada kesempatan tersebut Ketua DPRD berpesan agar sosialisasi Saber Pungli ini harus segera dilakukan dan secara komprehensif. “Jangan sampai ada pemahaman yang berbeda di tengah-tengah masyarakat terkait apa-apa saja yang termasuk pungutan liar. Semua harus terukur sampai dengan pelaporannya dan ini adalah bentuk akuntabilitas akan kinerja satgas dimaksud”, jelas Sonni Berutu.

Acara kemudian dilanjutkan dengan penentuan personil satgas khususnya pada kelompok kerja (Pokja) yang dipandu oleh Wakapolres. Sampai berita ini diturunkan, peserta rapat masih menentukan nama-nama yang mengisi Pokja, yaitu Pokja Intelijen, Pokja Pencegahan, Pokja Penindakan dan Pokja Yustisi. (Sumber berita: Bagian Humas Setda Kab. Pakpak Bharat)


Copyright © 2020 Kabupaten Pakpak Bharat. All Right Reserved