Badan Perencanaan Pembangunan Daerah Kab. Pakpak BharatBAPPEDA
Memacu Pembangunan Infrastruktur dan Ekonomi Untuk Meningkatkan Daya Saing Daerah
Berita
Rabu, 29 Maret 2017

PEMKAB PAKPAK BHARAT ADAKAN COACHING CLINIC PENETAPAN JABATAN PELAKSANA DAN APLIKASI E-KINERJA

Dengan adanya Peraturan Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PAN & RB) nomor 25 tahun 2016 tentang Nomenkelatur Jabatan Pelaksana Bagi Pegawai Negeri Sipil Di Lingkungan Instansi Pemerintah, maka Pemerintah Kabupaten Pakpak Bharat melalui Bagian Organisasi Sekretariat Daerah melaksanakan Coaching Clinic Penetapan Jabatan Pelaksana sekaligus Pelatihan Aplikasi E-Kinerja di Bale Sada Arih, Jumat (17/02).

Acara yang secara resmi dibuka oleh Wakil Bupati Pakpak Bharat, Ir. H. Maju Ilyas Padang, ini turut dihadiri oleh para Sekretaris OPD, Kasubbag Kepegawaian, dan jajaran terkait. Secara khusus Wakil Bupati menegaskan bahwa kunci keberhasilan dari e-Kinerja adalah disiplin pegawai. “Apapun yang kita kerjakan, jika tidak beranjak dari dalam hati untuk berdisiplin, niscaya akan menemui kegagalan. Semua harus berubah jika ingin sukses dan berhasil”, ucapnya.

Dalam kesempatan tersebut, Sekretaris Daerah, Sahat Banurea, S.Sos, M.Si yang didampingi Ka. Bagian Organisasi, Chairul Pane, SP, menyampaikan bahwa e-Kinerja berpatokan pada 3 aspek yaitu, kinerja PNS, tingkat kehadiran dan penyerapan anggaran yang dilakukan. “Masing-masing telah dibuat persentasenya secara berimbang dan terukur”, ujarnya. Ditambahkan lagi bahwa pelaksanaan coaching clinic ini untuk mempercepat penerapan e-Kinerja di Pakpak Bharat.

Hal yang menarik dan menjadi stimulus bagi para PNS adalah e-Kinerja ini berbanding lurus dengan penambahan penghasilan. “Semakin meningkat pekerjaan kita dari sisi kuantitas dan kualitas, maka semakin bertambah juga pendapatan kita dari sisi tunjangan kinerja”, urainya.

Sebagai narasumber, dihadirkan dari BKN Pusat, Direktorat Kinerja ASN, yaitu Irdian Nova Alexcandra, S.Kom, yang memberi penjelasan secara spesifik dan mendalam tentang aplikasi e-Kinerja serta penetapan jabatan pelaksana berdasarkan Permen PAN & RB. Narasumber sangat mengapresiasi pelaksanaan dan penerapan e-Kinerja di Kabupaten ini, khususnya komitmen Bupati Pakpak Bharat, Dr. Remigo Yolando Berutu, M.Fin, MBA. “Beberapa wilayah sudah coba menerapkan ini (e-Kinerja), tetapi karena pemimpinnya masih terkesan setengah hati maka hasilnya sangat tidak maksimal. Malah seperti terjadi pemborosan anggaran. Salut saya untuk Bupati Pakpak Bharat yang begitu peduli dengan teknologi sebagai penunjang kemajuan”, tandasnya sambil menyebutkan beberapa daerah yang berhasil dan gagal.

Aplikasi e-Kinerja menggunakan alamat URL ekinerja-asn.id/pakpakbharat. Untuk username dan password telah disampaikan kepada masing-masing PNS seperti halnya e-Surat yang telah lebih dahulu diaplikasikan. Masing-masing PNS harus memasukkan SKP-nya ke dalam aplikasi e-Kinerja dan untuk jabatan pelaksana harus mengacu pada Permen PAN & RB dimaksud. (Sumber berita: Bagian Humas Setda Kab. Pakpak Bharat)


Copyright © 2020 Kabupaten Pakpak Bharat. All Right Reserved