Badan Perencanaan Pembangunan Daerah Kab. Pakpak BharatBAPPEDA
Memacu Pembangunan Infrastruktur dan Ekonomi Untuk Meningkatkan Daya Saing Daerah
Berita
Rabu, 21 November 2018

Balitbang Provinsi Sumatera Utara Melakukan Koordinasi dan Pembinaan Kelitbangan di Bappeda Kabupaten Pakpak Bharat

Rabu, 14 Nopember 2018 Ir. H. Sugih Prihatin M.Si selaku Kabid Inovasi dan Teknologi Badan Penelitian dan Pengembangan Provinsi Sumatera Utara dan rekan melakukan Koordinasi dan Pembinaan Kelitbangan Koordinasi dan Pembinaan Kelitbangan. Pak Sugih dan rekan disambut hangat oleh Sekretaris Bappeda dan Staf Bidang Litbang dan Pengelolaan Data dan Informasi Bappeda Kabupaten Pakpak Bharat. Adapun maksud dan tujuan dari Tim Balitbang Provsu adalah untuk mensosialisasikan Surat dari Kementerian Dalam Negeri Republik Indonesia Nomor : 002.6/7251/SJ tentang Penilaian Indeks Inovasi Daerah dan Pemberian Penghargaan Innovative Government Award (IGA) Tahun 2018 dan Peraturan Menteri Dalam Negeri Republik Indonesia Nomor 17 Tahun 2016 tentang Pedoman Penelitian dan Pengembangan di Kemendagri dan Pemerintah Daerah. 

Selama lebih kurang 2 (dua) jam Tim Balitbang Provsu dan Bappeda Kabupaten Pakpak Bharat berkomunikasi tentang Inovasi Daerah yang diinput melalui Aplikasi Innovative Government Award (IGA) pada tanggal 26 Oktober 2018. Tim juga berkoordinasi tentang Produk Unggulan yang diajukan sebagai bahan proposal ke Kemendagri RI yang inovatif di Tahun 2019 mendatang. Bappeda Kabupaten Pakpak Bharat diminta mempersiapkan bahan-bahan pendukung Produk Unggulan Inovatif dan menyampaikannya kepada Balitbang Provsu. 

Dalam pertemuan tersebut Bappeda Kabupaten Pakpak Bharat memperkenalkan Produk Turunan Gambir berupa Tinta Pemilu dan Teh Celup Gambir. Teh Celup Gambir merupakan salah satu produk unggulan Kabupaten Pakpak Bharat dimana produksi sampai pemasarannya dibina oleh Pemerintah Kabupaten Pakpak Bharat. Sebelum meningggalkan Kabupaten Pakpak Bharat, Bappeda Kabupaten Pakpak Bharat memberikan Teh Celup Gambir beserta brosurnya kepada Tim Balitbang Provsu sebagai buah tangan. (LitbangPDI) 

 


Copyright © 2019 Kabupaten Pakpak Bharat. All Right Reserved