Badan Perencanaan Pembangunan Daerah Kab. Pakpak BharatBAPPEDA
Memacu Pembangunan Infrastruktur dan Ekonomi Untuk Meningkatkan Daya Saing Daerah
Berita
Jumat, 28 Juni 2019

BAHAS RUPM, BAPPEDA DAN DINAS PM PPTSP DUDUK BERSAMA

Guna mengkaji Rencana Umum Penanaman Modal (RUPM) Kabupaten Pakpak Bharat, Bappeda Kabupaten Pakpak Bharat mengadakan rapat dengan Dinas PM PPTSP Kabupaten Pakpak Bharat di Aula Bappeda Kabupaten Pakpak Bharat, Rabu (26/06).

Rapat  dipimpin langsung oleh Kepala Bappeda Kabupaten Pakpak Bharat, Jalan Berutu, S.Pd, MM, didampingi jajaran Bidang Litbang PDI Bappeda dan dihadiri oleh Kepala Dinas PM PPTSP Kabupaten Pakpak Bharat yang diwakili oleh Sekretaris Dinas PM PPTSP Kabupaten Pakpak Bharat, Ir. Rahman Sitepu, beserta beberapa pejabat dan staf Dinas PM PPTSP Kabupaten Pakpak Bharat.

Dalam paparannya Kepala Bappeda mengharapkan agar Dokumen RUPM Kabupaten Pakpak Bharat dapat mensinergikan dan mengoperasionalkan seluruh kepentingan sektoral di Kabupaten Pakpak Bharat, sehingga tidak terjadi ketimpangan dalam penetapan prioritas sektor-sektor yang akan dikembangkan dan dipromosikan melalui kegiatan penanaman modal.

Kepala Bappeda juga menekankan agar lebih meningkatkan koordinasi dan konsultasi tentang Penyusunan RUPM Kabupaten Pakpak Bharat untuk menghasilkan dokumen yang menjadi acuan dalam Penanaman Modal di Kabupaten Pakpak Bharat, sehingga dapat menarik para Investor untuk berinvestasi di Kabupaten Pakpak Bharat. “Kita harus melakukan Inventarisir Potensi yang ada di Kabupaten Pakpak Bharat, seperti Potensi Pertambangan, Energi, Pertanian yang dilengkapi dengan titik koordinat, luas, jenis dan kuantitas (volume)-nya”, tandas beliau.

Sistematika penyusunan dokumen RUPM merujuk pada Peraturan Kepala Badan Koordinasi Penanaman Modal Republik Indonesia Nomor 9 Tahun 2012 tentang Pedoman Penyusunan Rencana Umum Penanaman Modal Provinsi dan Rencana Umum Penanaman Modal Kabupaten/Kota.

Dalam penyusunan RUPM, terdapat 7 (tujuh) arah kebijakan penanaman modal yang harus diperhatikan, yaitu: 1). Perbaikan Iklim Penanaman Modal; 2). Persebaran Penanaman Modal; 3). Fokus Pengembangan Pangan, Infrastruktur, dan Energi; 4). Penanaman Modal yang berwawasan Lingkungan (Green Investment); 5). Pemberdayaan Usaha Mikro, Kecil, Menengah dan Koperasi (UMKMK); 6). Pemberian Fasilitas, Kemudahan dan/atau Insentif Penanaman Modal; dan 7). Promosi Penanaman Modal.

Rapat yang dibarengi dengan tanya jawab serta mendengarkan masukan dari Dinas PM PPTSP Kabupaten Pakpak Bharat untuk penyempurnaan dokumen, ditutup oleh Kepala Bappeda Kabupaten Pakpak Bharat, Jalan Berutu, S.Pd, MM. (Litbang PDI)


Copyright © 2019 Kabupaten Pakpak Bharat. All Right Reserved