Badan Perencanaan Pembangunan Daerah Kab. Pakpak BharatBAPPEDA
Memacu Pembangunan Infrastruktur dan Ekonomi Untuk Meningkatkan Daya Saing Daerah
Berita
Rabu, 3 Juli 2019

PENGISIAN KOMPONEN PADA APLIKASI INDEKS DAYA SAING DAERAH (IDSD)


Sistem Aplikasi Indeks Daya Saing Daerah (IDSD) berbasis online telah dibangun oleh Kementerian Riset Teknologi dan Pendidikan Tinggi Republik Indonesia melalui Direktorat Jenderal Penguatan Inovasi. Pembangunan sistem ini bertujuan untuk memetakan tingkat daya saing daerah baik level Provinsi dan Kabupaten/Kota, sebagai upaya untuk mendorong kemandirian dan penguatan daya saing dalam pencapaian target pembangunan daerah di era industri 4.0 serta menjadikan indeks tingkat daya saing daerah sebagai salah satu entry point dalam perumusan, penetapan, monitoring dan evaluasi kebijakan, program dan kegiatan pembangunan di daerah. Komponen IDSD dimaksud terdiri dari 4 Aspek/Faktor, 12 Pilar, 23 Dimensi dan 78 indikator (kuisioner) yang perlu diisi dan dilaporkan secara online melalui Aplikasi IDSD.

Dalam mengisi komponen pada Aplikasi IDSD, Kabupaten Pakpak Bharat melaksanakan rapat dengan mengundang seluruh Pimpinan Perangkat Daerah di Lingkungan Kabupaten Pakpak Bharat yang terkait dan Badan Pusat Statistik (BPS) Kabupaten Pakpak Bharat, Kamis (27/06). Rapat dibuka oleh Pj. Bupati Pakpak Bharat, DR. Asren Nasution, MA, diwakili Kepala Bappeda, Jalan Berutu, S.Pd, MM, dan dilanjutkan dengan paparan dari narasumber. Berperan sebagai narasumber Kepala Bappeda, Jalan Berutu, S.Pd, MM dan Kabid Litbang PDI Bappeda, Charles Tumanggor, S.Si, MM yang diwakili oleh Kasubbid Pengelolaan Data dan Informasi, Imelda F. Tambunan, ST.

Kepala Bappeda mengarahkan kepada seluruh Pimpinan Perangkat Daerah yang diundang agar mengisi setiap kuisioner yang sudah disediakan. “Setiap data-data yang disampaikan harus dapat dipertanggungjawabkan”, tuturnya. “Hasil pengukuran indeks daya saing daerah ini nantinya akan digunakan sebagai dasar perbaikan terhadap aspek-aspek yang memiliki nilai rendah dan signifikan dalam pencapaian indeks daya saing daerah Kabupaten Pakpak Bharat”, pungkas beliau.

Sejalan dengan Kepala Bappeda, Kasubbid Pengelolaan Data dan Informasi menjelaskan bahwa dalam rangka mendorong peningkatan indeks daya saing nasional dan peningkatan daya saing daerah, dibutuhkan data dan informasi yang lengkap dan akurat. “Ketersediaan data dan informasi sangat dibutuhkan dan perlu diketahui dan dipahami. Bukan hanya untuk keperluan Aplikasi IDSD saja, akan tetapi menjadi acuan dalam mengambil kebijakan khususnya dalam perencanaan daerah. Perencanaan yang berkualitas berawal dari data yang berkualitas”, tuturnya.

Rapat ditutup oleh Kepala Bappeda Kabupaten Pakpak Bharat, Jalan Berutu, S.Pd, MM, dengan menekankan agar seluruh komponen diisi secara lengkap dengan melampirkan data dukungnya.(Litbang PDI)


Copyright © 2019 Kabupaten Pakpak Bharat. All Right Reserved