Badan Perencanaan Pembangunan Daerah Kab. Pakpak BharatBAPPEDA
Memacu Pembangunan Infrastruktur dan Ekonomi Untuk Meningkatkan Daya Saing Daerah
Berita
Senin, 3 Februari 2020

Plh. BUPATI PAKPAK BHARAT BUKA FORUM KONSULTASI PUBLIK

Forum Konsultasi Publik Rancangan Awal RKPD Kabupaten Pakpak Bharat Tahun 2021 dilaksanakan di Aula Bappeda Kabupaten Pakpak Bharat, Kompleks Panorama Indah Sindeka, Salak, Kamis (30/01). Forum Konsultasi Publik ini merupakan forum bersama Kepala OPD dan pemangku kepentingan guna membahas Rancangan Awal RKPD Kabupaten untuk memperoleh masukan dan saran penyempurnaan. Hal ini sebagaimana diamanatkan oleh Peraturan Menteri Dalam Negeri Nomor 86 Tahun 2017 tentang Tata Cara Perencanaan, Pengendalian, dan Evaluasi Pembangunan Daerah, Tata Cara Evaluasi Ranperda tentang RPJPD dan RPJMD serta Tata Cara Perubahan RPJPD, RPJMD dan RKPD.

Forum Konsultasi Publik dibuka secara resmi oleh Sekretaris Daerah selaku Plh Bupati Pakpak Bharat, Sahat Banurea, S.Sos, M.Si. Dalam sambutannya, beliau berharap agar peserta serius memberi masukan dalam menentukan arah Pembangunan Kabupaten Pakpak Bharat di Tahun 2021. “Pusatkan Perencanaan Pembangunan terhadap sektor yang mampu mengangkat ekonomi masyarakat seperti sektor Pertanian dan juga sektor-sektor lain yang dapat meningkatkan ekonomi masyarakat.

Senada dengan Plh Bupati, Kepala Bappeda Kabupaten Pakpak Bharat, Jalan Berutu, S.Pd, MM juga menekankan pentingnya Forum Konsultasi Publik. “Pelaksanaan Forum Konsultasi Publik ini bertujuan untuk menghimpun aspirasi atau harapan masyarakat terhadap tujuan, sasaran dan program pembangunan daerah, memperoleh masukan dan saran penyempurnaan terhadap Rancangan Awal RKPD, serta menyepakati permasalahan, isu strategis, tema, prioritas dan sasaran pembangunan”, tutur beliau.
 
Forum Konsultasi Publik kali ini dihadiri oleh DPRD Kabupaten Pakpak Bharat, diwakili oleh Mansehat Manik, S.Pd, MM, Wakil Ketua DPRD, para Pimpinan OPD, para Camat, Tokoh Masyarakat dan Tokoh Perempuan, serta pemangku kepentingan lainnya. Bertindak sebagai narasumber, hadir Wahyu Ario Pratomo, Dosen Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Sumatera Utara, dan Kepala Bappeda Kabupaten Pakpak Bharat, Jalan Berutu, S.Pd, MM.

Dalam Forum Konsultasi Publik, disepakati Rancangan Tema Pembangunan Kabupaten Pakpak Bharat Tahun 2021 adalah: “Melanjutkan Pengoptimalan Potensi Ekonomi Lokal yang Berkualitas dan Berdaya Saing”, dengan 3 (tiga) Sasaran Pembangunan, yaitu 1). Pemantapan Kualitas Sumber Daya Manusia yang Berdaya Saing; 2). Penguatan Infrastruktur dan Pemerataan Pembangunan guna Peningkatan Perekonomian; dan 3). Pemantapan Reformasi Birokrasi dan Pemanfaatan Informatika dan Teknologi.

Acara ditutup dengan penandatanganan Berita Acara Kesepakatan oleh Kepala Bappeda, yang mewakili DPRD, mewakili Akademisi, mewakili Pimpinan OPD, mewakili Camat, mewakili Tokoh Adat dan mewakili Tokoh Perempuan, yang disaksikan oleh Plh Bupati Pakpak Bharat sekaligus sebagai Sekretaris Daerah, Sahat Banurea, S.Sos, M.Si.(Litbang PDI)



Copyright © 2020 Kabupaten Pakpak Bharat. All Right Reserved