Badan Perencanaan Pembangunan Daerah Kab. Pakpak BharatBAPPEDA
Memacu Pembangunan Infrastruktur dan Ekonomi Untuk Meningkatkan Daya Saing Daerah
Berita
Jumat, 10 Juli 2020

RAPAT EVALUASI PROGRAM KEGIATAN 2020 PEMERINTAH KABUPATEN PAKPAK BHARAT

Kamis, 09 Juli 2020 telah dilaksanakan Rapat Evaluasi Program  Kegiatan T.A. 2020 di Aula Badan Perencanaan Pembangunan Daerah Kabupaten Pakpak Bharat dengan tetap mengikuti protokol kesehatan. Rapat tersebut dihadiri oleh Bapak Asren Nasution selaku Pj. Bupati Pakpak Bharat diikuti dengan 17 Kepala Organisasi Perangkat Daerah dan Direktur Rumah Sakit Umum Daerah Salak. Selain pimpinan OPD, turut juga hadir Asisten Pemerintahan dan Inspektur Kabupaten. Kegiatan ini dibuka oleh Kepala Badan Perencanaan Pembangunan Daerah, Jalan Berutu, S.Pd, MM, dengan arahan dari Sekretaris Daerah Kabupaten Pakpak Bharat, Sahat Banurea, S.Sos, M.Si.

Kepala BPKPAD, Dra. Nurita Berutu, M.Si memberikan materi rapat bahwa serapan anggaran kegiatan di Kabupaten Pakpak Bharat untuk Belanja Langsung masih cukup rendah, yaitu 16.62% dengan Kecamatan Pagindar sebagai instansi dengan serapan anggaran kegiatan tertinggi yaitu sebesar 46,61%. Sedangkan untuk Belanja Tidak Terduga, serapan anggaran juga masih rendah yaitu sebesar 11.95% . Adapun alokasi anggaran BTT ini adalah sesuai dengan arahan SKB 2 Menteri yaitu Menteri Dalam Negeri dan Menteri Keuangan terkait dengan refocusing dan realokasi anggaran daerah ke percepatan penanggulangan bencana non-alam  Corona Virus Disease-19.

Sekretaris Daerah memberikan arahan agar segera dilakukan revisi Rencana Kerja Pengadaan serta percepatan perubahan penjabaran sehingga dapat dijadikan acuan pembuatan RUP oleh OPD pelaksana. Untuk memperkuat pernyataan Sekretaris Daerah, Pj. Bupati Pakpak Bharat juga memberikan arahan agar segera dilakukan proyeksi kebutuhan dana terhadap penanggulangan bencana non-alam Covid-19 sehingga dapat diketahui besaran anggaran yang dibutuhkan. Tujuannya adalah agar anggaran yang sebelumnya sudah dialokasikan kedalam Belanja Tidak Terduga dapat segera dikembalikan lagi ke anggaran Organisasi Perangkat Daerah sesuai dengan peruntukan sebelumnya demi peningkatan pembangunan di Kabupaten Pakpak Bharat. 

Selanjutnya, Pj. Bupati menyatakan agar untuk kedepannya, kegiatan evaluasi ini dilakukan dua kali dalam seminggu oleh setiap OPD Bersama dengan Kepala Bappeda, Kepala BPKPAD, dan Inspektur Kabupaten.

Arahan lainnya dari Sekretaris Daerah adalah agar seluruh Organisasi Perangkat Daerah mempersiapkan diri menghadapi masa transisi yang dimulai dari transisi Perencanaan, Personil, dan Pengelolaan Keuangan sesuai dengan amanah Peraturan Menteri Dalam Negeri Nomor 90 Tahun 2019 tentang Klasifikasi, Kodefikasi, dan Nomenklatur Perencanaan, Pembangunan, dan Keuangan Daerah.

 


Copyright © 2020 Kabupaten Pakpak Bharat. All Right Reserved