Badan Perencanaan Pembangunan Daerah Kab. Pakpak BharatBAPPEDA
Memacu Pembangunan Infrastruktur dan Ekonomi Untuk Meningkatkan Daya Saing Daerah
Berita
Jumat, 17 Juli 2020

Kick Off KLHS-RPJMD, BAPPEDA Hadirkan Tenaga Ahli USU

Pedomani Permendagri  86/2017 yang tertuang dalam Pasal 3, yaitu: KLHS sebagaimana dimaksud pada pasal 153 huruf d, yaitu kajian yang memastikan bahwa pembangunan berkelanjutan telah menjadi dasar pembangunan dengan memperhatikan potensi dampak pembangunan melalui penyusunan rekomendasi perbaikan berupa antisipasi, mitigasi, adaptasi dan/atau kompensasi program dan kegiatan”, selanjutnya ditegaskan dalam Permendagri 7/2018 yang tertuang dalam Pasal 2 Ayat (1), yaitu:  “Pemerintah Daerah membuat dan melaksanakan KLHS RPJMD untuk mewujudkan RPJMD yang sesuai dengan prinsip berkelanjutan”. Sehingga untuk memenuhi maksud Permendagri tersebut Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda) Kabupaten Pakpak Bharat melakukan Rapat Penyusunan KLHS RPJMD Kabupaten Pakpak Bharat Tahun 2021-2025, yang dilaksanakan di Aula Bappeda Kab.Pakpak Bharat, Kamis (16/7). 

Rapat tersebut dibuka oleh Kepala Bappeda Kabupaten Pakpak Bharat, Jalan Berutu, S.Pd, MM, dalam paparannya Kepala Bappeda menyampaikan bahwa dalam rangka mengintegrasikan Tujuan Pembangunan Berkelanjutan dalam dokumen RPJMD perlu untuk melakukan kajian lingkungan hidup, sehingga Kajian Lingkungan Hidup diharapkan dapat menjadi dasar dalam Penyusunan RPJMD Kabupaten Pakpak Bharat mendatang. Dimana diketahui bahwa Kajian Lingkungan Hidup Strategis dalam Penyusunan Rencana Pembangunan Menengah Daerah (KLHS RPJMD) adalah analisis sistematis, menyeluruh, dan partisipatif yang menjadi dasar untuk mengintegrasikan Tujuan Pembangunan Berkelanjutan ke dalam dokumen RPJMD. Selanjutnya Kepala Bappeda menyampaikan bahwa pada 17 Pebruari tahun 2021 merupakan periode berakhirnya masa Jabatan Bupati/Wakil Bupati Kabupaten Pakpak Bharat yang sejalan dengan berakhirnya periode RPJMD Kab. Pakpak Bharat 2016-2021. Sehingga dalam rangka mempersiapkan RPJMD Tahun 2021-2025, Pemerintah Kabupaten Pakpak Bharat melalui Bappeda mempunyai tanggungjawab dalam mempersiapkan KLHS RPJMD 2021-2025, tegas Kepala Bappeda.

Rapat dihadiri oleh Asisten Administrasi dan Pembangunan Setda Kabupaten Pakpak Bharat, Supardi Padang, SP, MM berserta beberapa Pimpinan OPD se-Kabupaten Pakpak Bharat, Kasubbag PEP OPD beserta Jajaran Pejabat dan Staf Bappeda Kabupaten Pakpak Bharat, dan turut juga dihadiri oleh Narasumber/Tenaga Ahli dari Universitas Sumatera Utara, melalui Surat Tugas Nomor: 337/UN5.2.1/KPM/2020 yang menugaskan Bapak Aulia Ishak, ST, MT, Ph.D (Teknik Industri), Muhammad Faisal, ST, MT (Teknik Lingkungan), dan Ir. Jaya Arjuna, M.Sc. 

Rapat tersebut berlangsung khidmat yang diawali dengan Pemaparan yang disampaikan oleh Narasumber terkait mekanisme Penyusunan KLHS RPJMD yang diantaranya: (1).Pembentukan Tim Pembuat KLHS RPJMD; (2).Pengkajian Pembangunan Berkelanjutan; (3).Perumusan Skenario Pembangunan Berkelanjutan; (4).Penjaminan Kualitas, Pendokumentasian dan Validasi KLHS RPJMD. Selanjutnya ditekankan agar adanya kerjasama proaktif dari OPD se-Kabupaten Pakpak Bharat dalam Penyusunan KLHS RPJMD Pakpak Bharat, dimana nantinya sangat diperlukan data pendukung dari OPD yang berkaitan dengan pengukuran indikator capaian RPJMD Tahun sebelumnya, data tersebut akan dituangkan dalam rangka mengukur Indikator TPB SDG’s yang menjadi dasar dalam melakukan analisis Capaian Tujuan Pembangunan Berkelanjutan Kabupaten Pakpak Bharat sebagai acuan dalam Penyusunan KLHS untuk RPJMD mendatang. Setelah Pemaparan yang terkait KLHS RPJMD, selanjutnya diaksakana diskusi dan tanya jawab yang mendalam terkait Substansi Rapat oleh para peserta, dan beberapa masukan yang mendukung tercapainya Penyusnan KLHS RPJMD yang sangat diharapkan menjadi dokumen yang memberikan skenario pembangunan untuk RPJMD Kabupaten Pakpak Bharat 2021-20215. Rapat yang dilaksanakan ditengah masa pandemi tersebut juga memperhatikan protokol kesehatan dengan Cuci tangan pakai sabun sebelum memasuki ruangan, memakai masker serta menjaga jarak fisik (Physical Distancing), guna mencegah penyebaran Covid-19 dalam pelaksanaan rapat. (Litbang PDI)

 


Copyright © 2020 Kabupaten Pakpak Bharat. All Right Reserved