Badan Perencanaan Pembangunan Daerah Kab. Pakpak BharatBAPPEDA
Memacu Pembangunan Infrastruktur dan Ekonomi Untuk Meningkatkan Daya Saing Daerah
Berita
Senin, 22 Februari 2021

Musrenbang Kecamatan di Kabupaten Pakpak Bharat

KEPALA BAPELITBANGDA PAKPAK BHARAT PADA MUSRENBANG RKPD KECAMATAN SALAK :

WALAUPUN RPJMD 2021-2026 BELUM DITETAPKAN, NAMUN RKPD TAHUN 2022 SUDAH DALAM TAHAPAN PERENCANAAN BUPATI TERPILIH 

Kepala Badan Perencanaan Pembangunan Penelitian dan Pengembangan Daerah Kabupaten Pakpak Bharat mewakili Pj Bupati Pakpak Bharat membuka musrenbang Kecamatan Salak sekaligus sebagai narasumber pada musrenbang tersebut yang dilaksanakan pada hari senin 15 Februari 2021 bertempat di aula kantor Camat Salak. Dalam arahannya Kepala Bapelitbangda menyampaikan bahwa RKPD Tahun 2022 yang akan disusun dan ditetapkan sudah menjadi tahapan perencanaan Pembangunan bupati terpilih, karena RPJMD yang sebentar lagi akan disusun adalah periode 2021 – 2026 sebagaimana diamanatkan oleh menteri dalam negeri Republik Indonesia. Usulan mesrenbang kecamatan Salak harus mengikuti arah dan kebijakan bupati terpilih yang tertuang dalam visi misi bupati terpilih yang dalam waktu tidak lama lagi akan ditetapkan sebagai peraturan daerah kabupaten Pakpak Bharat. Pemerintah Kabupaten Pakpak Bharat telah melakukan konsultasi terhadap bupati terpilih, beliau telah mengarahkan dalam penyusunan RKPD  tahun 2022 untuk lebih fokus kepada penigkatan pertanian dan Sumber Daya Manusia. 

Dalam paparannya, Kepala Bapelitbangda menyampaikan bahwa pemerintah telah melaksanakan konsultasi public rancangan awal RKPD Kab Pakpak Bharat dan telah menyepakati tema pembangunan tahun 2022 : “ Peningkatan Pertumbuhan Ekonomi Masyarakat melalui Sumber Daya Manusia dan Pertanian”, dengan Prioritas Pembangunan : 1). Peningkatan kualitas SDM dan Kesejahteraan Masyarakat, 2). Peningkatan Pembangunan Infrastruktur pendukung ekonomi lokal, 3). Peningkatan Pelayanan Pubilk dan Tata Kelola Pemerintahan. 

Tema dan prioritas diatas disepakati diawali dari permasalahan  kondisi saat ini dengan melihat data capaian pembangunan. Secara makro capaian pembangunan antara lain ; PDRB ADHB yang menunjukkan kemampuan sumber daya ekonomi yang dihasilkan kabupaten Pakpak Bharat pada tahun 2019 meningkat sebesar 91,26 Miliyar dibandingkan tahun 2018  dan perode 2015 – 2019 rata – rata meningkat sebesar 88,01 Miliyar sedangkan PDRB ADHK yang menunjukkan laju pertumbuhan ekonomi secara keseluruhan atau setiap kategori dari Tahun ke Tahun untuk tahun 2019 meningkat sebesar 47, 29 Miliyar dibandingkan pada tahun 2018 dan periode 2015 – 2019  rata rata PDRB ADHK meningkat sebesar 43,72 Miliyar, Laju pertumbuhan ekonomi pada tahun 2019 mengalami percepatan sebesar 0,02 % dibandingkan tahun 2018 dan periode 2015 – 2019 rata rata mengalami perlambatan 0,02 %, Tingkat Pengangguran Terbuka yang merupakan persentase penduduk usia ≥ 15 tahun yang merupakan pengangguran terhadap jumlah Angkatan kerja pada tahun 2020 mengalami peningkatan sebesar 1,74 %  dibandingkan terhadap tahun 2019, Tingkat kemiskinan yang merupakan presentase penduduk yang berada dibawah garis kemiskinan pada tahun 2020 mengalami peningkatan 0,01% dibandingkan tahun 2019, Indeks Pembangunan Manusia yang dibangun melalui tiga dimensi dasar yaitu angka harapan hidup, harapan lama sekolahdan rata rata lama sekolah, serta pengeluaran perkapita, pada tahun 2020 mengalami peningkatan sebesar 0,12 dibandingkan tahun 2019, serta capaian pembangunan lainnya yang dapat diukur menjadi indicator sebagai dasar penentuan arah kebijakan pemerintah. Kepala Bapelitbangda juga menyampaikan visi misi Bupati Pakpak Bharat terpilih.

Hadir dalam kegiatan musrenbang Kecamatan Salak : Camat Salak, Kepala Desa se Kecamatan Salak, Delegasi Desa, Kepala BPD, Tokoh Adat, Tokoh Perempuan, Tokoh Agama, Muspika Kec Salak, Kepala OPD, dan undangan Lainnya.

 


Copyright © 2021 Kabupaten Pakpak Bharat. All Right Reserved